Biografi Seydou Keita – Penyerang FC Barcelona

http://biografionline.blogspot.com/
Seydou Keita atau akrab disapa Keita adalah pemain sepakbola dunia asal Mali. Ia dilahirkan pada tanggal 16 Januari 1980 di Bamako, Mali.

Awal kali Keita berkarir secara profesional di sepakbola adalah dengan bergabung di Olympique de Marseille yaitu di bulan Sepetember 1999. Akan tetapi hal itu tak berlangsung lama karena Seydou Keita harus hengkang ke Lorient.

Karir Keita di sepakbola tak langsung melejit. Terbukti ketika bergabung dengann Lorient, Keita kesulitan mencetak satu gol pun dalam 58 pertandingannya. Akan tetapi Keita tak berputus asa.

Dua tahun membela Lorient, Keita kemudian pindah ke Lens. Di klub ini Keita semakin keras berusaha. Karena gigihnya itu akhirnya Keita bisa menduduki tempat sebagai kapten. Keita pun juga berhasil mencetak lebih banyak gol. Dalam 156 pertandingan yang diikutinya, Keita berhasil mencetak 19 gol.

Sukses bersama Lens, Keita pun berpindah lagi ke Sevilla pada 11 Juli 2007. Keita pun kemudian bertanding dalam La Liga selama empat musim berikutnya. Dengann klub Sevilla inilah, karir Keita semakin bersinar. Dalam 31 pertandongan yg diikutinya, Keita berhasil mencetak 4 gola yang spektakuler. Salah satu golnya adalah ketika Keita berhasil mencetak gol dengan gerakan yang menakjubkan ketika melawan Real Madrid.

Dari sinilah Keita akhirnya mencuri perhatian dunia termasuk klub besar sekelas Barcelona pun menghendaki dirinya berpindah ke tempatnya, Barcelona FC.

Seydou Keita resmi berpindah ke Barcelona FC pada 26 Mei 2008. Selama bermain untuk Barca, Keita ikut menorehkan sejarah kemenangan untuk Barca. Diantaranya adalah ketika bertanding melawan klub Polandia Wisla Krakow pada 13 Agustus 2008 dengan skor 4-0 untuk Barca.

Kemenangan lainnya adalah ketika Barca melawan Numanicia pada 31 Agustus 2008 yang dimenangkan oleh Barca tentunya. Keita berhasil mencetak gol pertamanya selama bermain untuk Barca adalah ketika bermain di La Liga 16 November 2008 ketika melawan Recreativo de Huelva dengan skor 2-0 untuk Barca.

Pada tanggal 23 November, ia mencetak gol kedua untuk Barcelona melawan Getafe imbang 1-1. Keita mencetak gol ketiganya untuk Barca dalam kemenangan 2-1 atas Villarreal.Keita mencetak gol dalam imbang 1-1 dengan Bayern Munich di Liga Champions perempat final di mana Barca memenangkan leg pertama 4-0. Mereka kemudian maju dengan agregat skor 5-1. Dia datang sebagai pemain pengganti saat Barcelona memenangkan 2009 Final Liga Champions UEFA, menggantikan Thierry Henry pada menit ke-72.

Keita mencetak gol dalam pertandingan liga pertama musim 2009-10, membantu Barcelona menang 3-0 atas Sporting de Gijón. Keita juga mencetak hattrick pada matchday kedelapan di kemenangan 6-1 melawan Real Zaragoza, pertama untuk klub. Pada musim 2010-11, Keita tampil lebih untuk tim pertama dari setiap pemain outfield lainnya. Pada 31 Agustus, Keita menandatangani perpanjangan kontrak di Barcelona hingga 2014.

Kehidupan Pribadi Seudou Keita

Seydou Keita adalah salah satu pemain sepakbola dunia yang beragama Islam sejak lahir. Keita menikah dengan seorang gadis bernama Zubaeda Johnson. Dari pernikahannya tersebut Seydou Keita dan Zubaidah telah dikaruniai seorang putera yang bernama Muhammad. Keluarga Keita berdomisili di Laviabougou di provinsi Bamako. Walau Keita berwarga negara Perancis namun Keita telah berjanji setia pada Mali dan mewakili Bangsa Afrika.

Karir Internasional

Keita adalah pemain sepakbola profesional. Ketika bermain untuk klubnya yaitu Barcelona, maka ia akan memberikan permainan yang optimal. Begitu juga ketika membela Mali dalam kancah internasional, Keita juga akan mati-matian membela Timnas nya.

Keita sangat mahir dalam kontrol, visi dan ketrampilannya dalam menembakkan bola ke gawang. Dalam Timnasnya Mali, Keita sering dipasangkan dengan Muhamadou Diarra dan terkadang dengan Mohammed Sissoko. Itu adalah pasangan yang sangat dikhawatirkan oleh lawan.

Biodata Seydou Keita

Nama lengkap :                 Seydou Keita
Tanggal lahir :                   16 Januari 1980 (umur 34)
Tempat lahir :                    Bamako, Mali
Tinggi :                             1.83 m (6 ft 0 in)

Posisi bermain :                Midfielder

Ditulis Oleh : blogger

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Biografi Seydou Keita – Penyerang FC Barcelona yang dipublikasikan oleh Profil dan Biografi dan jangan lupa baca juga artikel yang lainya dibawah ini :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Profil dan Biografi

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top