Biografi Ani Yudhoyono | Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Ani Yudhoyono atau nama aslinya Kristiani Herawati adalah ibu negara RI atau istri dari Presiden Indonesia yang ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Bu Ani adalah anak ke tiga dari tujuh bersauara pasangan suami istri yaitu Let Jend (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj Sunarti Sri Hadiyah. Bu Ani Yudhoyono dilahirkan pada tanggal 6 Juli 1952 di Yogyakarta.
Beliau menghabiskan masa kecilnya di kota pelajar ini dan kemudian hijrah ke Jakarta. 

Beliau pernah berkuliah di jurusan Kedokteran UKI Jakarta. Namun beliau harus meninggalkan bangku kuliah di semester 5 karena harus ikut ayahnya pindah ke Korea Selatan. Waktu itu ayahnya ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korsel.

Menikah

Ketika Bu Ani pulang kembali ke Indonesia, tak lama kemudian beliau menikah dengan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang waktu itu barusan lulus dari akademi kemilitran sebagai lulusan terbaik. Praktislah Bu Ani tak bisa meneruskan kuliah di universitas umum.

Bu Ani kemudian memilih berkuliah di universitas terbuka jurusan Sarjana Ilmu Politik pada tahun 1998.
Bu Ani menikah dengan SBY pada tanggal 30 Juli 1976. Dari pernikahannya ini mereka dikaruniai dua orang putra yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono‎.

Agus Harimurti Yudhoyono menjadi perwira mengikuti jejak sang ayah, menikah dengan Annisa Pohan (anak Aulia Pohan – Deputi Gubernur Bank Indonesia yang tersandung masalah hukum) yang telah memberinya satu putri cantik.

Sedangkan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menjadi seorang kader Demokrat, menikah dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (anak dari Hatta Rajasa – Ketua Umum Partai Amanat Nasional) dan telah memberinya seorang putra cakep. Jadi hingga sampai saat ini Bu Ani telah memperoleh dua cucu (cewek dan cowok).
Selama mendampingi SBY, Bu Ani selalu ikut kemana sang suami bertugas. Bu Ani juga aktif di organisasi istri tentara yaitu Persit Kartika Chandra Kirana, Dharma Pertiwi dan Dharma Wanita.

Ketika SBY mencalonkan diri sebagai Presiden, Bu Ani secara aktif mendukungnya dan membantunya berkampanye. Bu Ani juga aktif di kegiatan Partai Demokrat dimana Pak SBY adalah salah satu pendirinya. Bu Ani juga pernah ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Dicalonkan Sebagai Capres 2014

Pada beberapa waktu yang lalu terdengar slentingan bahwa Partai Demokrat bakal mencalonkan Bu Ani Yudhoyono sebagai Presiden 2014. Entah itu hanya isu untuk “testing the water” ataukah benar. Namun hingga saat ini Bu Ani tak masuk dalam konvensi Partai Demokrat.

Yang pasti Bu Ani telah berhasil mengantarkan sang suami menjadi orang nomor satu di INdonesia. Dibalik kesuksesan suami pastilah ada wanita hebat yang mendorongnya dan Bu Kristiani Herawati telah melakukan itu.

Hobi Memotret

Bu Ani sangat menyukai kegiatan memotret. Dimana saja disetiap kesempatan beliau selalu membawa kamera yang lumayan canggih. Jeprat - jepret beliau lakukan setiap ada kesempatan. Hasil bidikannya kemudian beliau upload di akun instagramnya. Terkadang hasil jepretannya dikomentari sinis oleh pengguna lainnya. Dan disitu Bu Ani pernah emosi pada sang komentator yang jahil. Ya okelah... Bu Ani tetaplah manusia biasa. Kita harus menyadari dan memakluminya.

Biodata

Nama
:
Hj Kristiani Herawati
Nama Panggilan
:
Bu Ani Yudhoyono
Tanggal Lahir
:
6 Juli 1952.
Tempat Lahir
:
Yogyakarta, Indonesia
Suami
:
Susilo Bambang Yudhoyono
Anak
:
Agus Harimurti Yudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono
Almamateer
:
UKI (tidak tamat)
Universitas Terbuka (S1)
Agama
:
Islam

Ditulis Oleh : blogger

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Biografi Ani Yudhoyono | Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dipublikasikan oleh Profil dan Biografi dan jangan lupa baca juga artikel yang lainya dibawah ini :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Profil dan Biografi

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top