Profil dan Biografi Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok )

Basuki Tjahaja Purnamaatau Ahok adalah etnis Tionghoa pertama yang menduduki jabatan sebagai orang strategis di DKI Jakarta yaitu Wakil Gubernur mendampingi Jokowi. Walau awalnya terdapat kontroversi akan latar belakang etnis Ahok namun kemudian isu itu tak muncul lagi. Berikut ini akan dipaparkan Biografi Basuki Tjahaja Purnama atau Biografi Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilahirkan di Manggar, Belitung Timur pada tanggal 29 Juni 1966. Nama Tionghoa dari Basuki Tjahaja Purnama adalah Zhong Wanxie. Kedua orang tuanya adalah etnis asli Tionghoa yaitu Bpk Indra Tjahaja Purnama alias Zhong Kim Nam (Alm) dan Buniarti Ningsih (Bun Nen Caw).

Ahok adalah anak sulung dari empat bersaudara. Ketiga saudaranya yang lain adalah dr.Basuri Tjahaja Purnama M.Gizi.Sp.Gk (dokter PNS dan Bupati di Kabupaten Belitung Timur), Fifi Lety, S.H, L.L.M (Praktisi hukum), Harry Basuki, M.B.A (praktisi dan konsultan bidang pariwisata dan perhotelan).

Ahok menghabiskan masa kecilnya di Belitung hingga SMA ia memilih untuk melanjutkan di Jakarta. Ahok kemudian berkuliah di Universitas Trisakti Jakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi.

Setelah menyandang gelar sarjana, Ahok meneruskannya dengan meraih s2 di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya Jakarta dengan gelar Magister Manajemen.

Ahok kemudian bekerja di  perusahaan kontraktor yang menangani pembangunan pembangkit listrik yaitu PT Simaxindo Primadaya. Di perusahaan tersebut Ahok menjabat sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek.

Setelah cukup pengalaman bekerja dengan orang, Ahok keluar untuk kemudian membangun perusahaan sendiri yaitu penambangan pasir kuarsa yang bernaung dibawah PT Gravel Pack Sand (GPS). Tempat Ahok mendirikan pabik itu kemudian bakalan menjadi kawasan industri dan pelabuhan yang kemudian terkenal dengan Kawasan Industri Air Kelik atau KIK.

Masuk Politik

Pada dasarnya dorongan Ahok adalah masuk dunia politik bukan bisnis layaknya orang Tionghoa lainnya. Setelah bisnisnya bisa autopilot. Ahok kemudian masuk ke ranah politik dengan bergabung di PIB yaitu Partai Perhimpunan Indonesia Baru dimana ia langsung ditunjuk sebagai ketua DPC Kabupaten Belitung Timur. Ia kemudian terpilih sebagai anggota legislatif DPRD Kabupaten Belitung Timur 2004-2009.

Ketika ada pemilihan Bupati Belitung Timur, Ahok mengjukan diri dengann menggandeng Khairul Effendi. Pasangan inipun menag menjadi Bupati untuk masa bakti 2005-2010. Tak lama menjabat Bupati, Ahok lalu mengajukan diri sebagai calon Gubernur Bangka Belitung tahun 2007 dan terpilih. Namun Ahok kalah dalam pemilihan ini.

Pada 2012, Ahok dipasangkan dengan Jokowi untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Pasangan ini kemudian menang dari Fauzi Bowo. Mereka lalu dilantik pada 18 Oktober 2012 untuk masa jabatan 2012-2017.

Keluarga Basuki Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama menikah dengan Veronica, ST dan dikaruniai tiga anak yaitu Nicholas, Natania dan Daud Albeenner.

Ditulis Oleh : blogger

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Profil dan Biografi Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) yang dipublikasikan oleh Profil dan Biografi dan jangan lupa baca juga artikel yang lainya dibawah ini :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Profil dan Biografi

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top