Biografi Indra Sjafri – Pelatih Timnas Garuda Muda

Biografi Online ~ Baru-baru ini Indonesia telah menorehkan prestasi dibidang pesepakbolaan, yaitu berhasilnya Timnas U-19 (Evan Dimas dkk) mengalahkan juara bertahan 11 kali, Korea Selatan, dalam ajang piala AFF U-19. Ini adalah prestasi yang membanggakan mengingat sebelum ini sepakbola Indonesia tak pernah menorehkan prestasi apapun diajang internasional.

Tahukah kawan siapa orang dibalik kesuksesan Timnas Garuda Muda ini? Dialah Coach Indra Sjafri. Jika Rahmad Darmawan melatih Timnas senior maka Indra Sjafri ditugasi oleh PSSI melatih Timnas junior atau terkenal dengan sebutan Garuda Muda. Berikut ini Biografi Indra Sjafri.

Indra Sjafri dilahirkan pada tanggal 2 Februari 1963 di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Ia memulai karir sepakbolanya dengan menjadi pemain  di klub PSP Padang dengan posisi sebagai gelandang pada era 80-an.

Menjadi Pelatih Garuda Muda

Setelah berpengalaman menjadi pemain sepakbola, Indra Sjafri memutuskan untuk menjadi pelatih saja. Awalnya ia melatih klub sepakbola di daerahnya yaitu di Sumatra Barat. Sejalan dengan waktu dan pengalamannya dalam menangani pemain, Indra Sjafri pun kemudian dipanggil oleh PSSI ke Jakarta.
Saat itu adalah tahun 2009 bulan Mei, Indra Sjafri ditugasi untuk mencari bibit unggul pemain muda dari daerah yaitu U-12, U-17 dan U-19. Indra Sjafri jugalah yang diberi tanggung jawab untuk membentuk mental mereka dan melatih skill mereka dalam bermain bola.

Cara kepelatihan Indra Sjafri terbukti berhasil dengan berbagai prestasi yang ditorehkan oleh tim Garuda Muda di dunia internasional dimana dalam 22 tahun ini, Indonesia sangat minim prestasi bahkan tidak pernah.

Para Garuda Muda itu telah meemnangkan berbagai turnamen seperti pada HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hongkong. Kemudian pada 22 September 2013 yang lalu, Timnas U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam dengan adu penalti 7-6.

Tak lama setelah itu, Indra Sjafri juga telah berjasa atas menangnya Timnas U-19 dalam kejuaraan Piala AFC U-19 dimana dibuka dengan pertandingan melawan Laos yang berakhir manis untuk Indonesia 4-0. Laga pertandingan berikutnya adalah melawan Korea Selatan yang telh menjadi juara bertahan selama 11 kali.

Ketika akan dimulainya pertandingan, semua orang sempat meragukan apakah tim asuhan Indra Sjafri bisa mengalahkan Korea Selatan. Namun kata-kata Evan Dimas yaitu “Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan”  membuat Garuda Muda semakin terpacu. Dan itu dibuktikan dengan Hattrick yang dilakukan Evan Dimas 3-2 pad Korsel membuat Indonesia memenangkan pertandingan itu sekaligus menjadi juara Grup G Kualifikasi AFC U-19 serta mengantarkan Timnas U-19 ke Piala Asia U-19 pada Oktober 2014 mendatang melawan Myanmar. Semoga INdonesia bisa mengulang kembali kegemilangannya seperti saat menaklukkan Korsel.

Hidup Indra Sjafri......
Hidup Timnas Garuda Muda......
Hidup Indonesia.....

Biodata
Nama
:
Indra Sjafri
Tanggal Lahir
:
2 Februari 1963.
Tempat Lahir
:
Lubuk Nyiur, Batang Kapas,  Pesisir Selatan, Sumatra Barat
Posisi Bermain
:
Gelandang
Informasi Klub
Klub saat ini
:
Pelatih Indonesia U-19
KarierSenior
1986-1991
:
Tim PSP Padang
Kepelatihan
Tahun 2011.
:
Indonesia U-17
Tahun 2013.
:
Indonesia U-19

Ditulis Oleh : blogger

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Biografi Indra Sjafri – Pelatih Timnas Garuda Muda yang dipublikasikan oleh Profil dan Biografi dan jangan lupa baca juga artikel yang lainya dibawah ini :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Profil dan Biografi

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top